Pesona Air Terjun Semporonan



foto supardi
Berbicara masalah wisata, Lombok timur tidak jauh kalah dari daerah-daerah lainnya, selain di kenal dengan pantai-pantainya ia terkenal juga dengan wisata air terjunnya yang begitu indah. Salah satunya adalah airterjun semporonan yang berada di pedalaman hutan sana yang terletak di desa timbanuh kecamatan peringga Sela,

Menuju lokasi air terjun semporonan ini tidak memakan waktu yang lama hanya  memakan waktu sekitar 30 menit dari jalan raya Masbagik atau jalur Mataram,  lokasi air terjun semporonan ini sangat mudah sekali untuk ditemukan karena pengunjung tinggal  lurus ketimur dari pasar masbagik baru nanti tinggal belok kiri di permpatan/lampu setop desa Rempung.

Sebelum sampai di lokasi air terjun pengunjung terlebih dahulu disuguhkan dengan keindahan pemandangan hamparan padi yang masih menghijau disepanjang jalan sehingga membuat para pengunjung terpesona melihat keindahannya, baru setelah sampai di pertigaan yang berada didepan kantor desa pengadangan,  pengunjung tinggal belok kiri.

Pengunjung tidak sampai di situ untuk disuguhkan keindahan yang berada di sepanjang jalan namun ketika hendak memasuki desa timbahnuh pengunjung kembali di suguhkan dengan keindahan hutannya dan sejuknya udara disepanjang jalan bahkan sampai ke lokasi air terjun.

Akses jalan menuju tempat wisata air terjun semporonan ini tidak di hawatirkan  lagi karena pengunjung bisa menikmati mulusnya jalan hotmix dari jalan raya masbagik hingga hendak memasuki lokasi air terjunnya, dan sisanya sekitar 200 meter kondisi jalan agak berbatu, di penghujung jalan pengunjung tinggal belok kanan memasuki terotoar sepanjang 300 meter dari jalan umumnya menuju parkiran.

Untuk sampai di lokasi air terjun, dari area parkir pengunjung butuh berjalan kaki sepanjang kurang lebih 400 meter, karena jalannya agak menurun dan berliku-liku pengunjung ekstra hati-hati namun selama perjalanan pengunjung akan di sambut dengan suara burung yang berada di hutan.

foto supardi
Sebelum pengunjung turun ke lokasi air terjun, dari ketinggian 30 meter pengunjung sudah bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata Sambil beristirahat sejenak tempat persinggahan atau masyarakat Lombok sering menyebutnya dengan sebutan berugaq.

Selama berda di air terjun semporonan ini pengunjung terjamin terpuaskan dan rasa lelah bisa terbayar dengan menikmati keindahan yang ada di air terjun semporonan ini sehingga para pengunjung bisa pulang dengan hati yang terpuaskan oleh suasana airterjun semporonan ini.

walaupun tempat wisata ini belum sepenuhnya di tata oleh pemerintah Lombok timur, namun wisata ini setiap minggunya rame di kunjungi oleh masyarakat, baik masyarakat local maupun masyarakat luar hanya untuk melepaskan rasa penat.

Alangkah baiknya jika tempat wisata ini dikelola dengan baik dan kemudian di perkenalkan keberadaannya oleh pemerintah Lombok timur , sehingga bisa memancing wisatawan local bahkan wisatawan mancanegara berdatanggan ketempat wisata ini, sehingga tempat wisata ini tidak hanya dinikmati keindahannya namun bisa menguatkan ekonomi masyarakat.

Comments

Popular Posts